Senin, 21 Januari 2013

Prambanan Pengirim Utusan Terbanyak Peserta Mukhoyyam Al-Qur'an 2 DPW PKS DIY

PRAMBANAN, SLEMAN -- DPW PKS DIY menyelenggarakan acara Mukhoyyam Al-Qur'an 2 (MQ 2), pada hari Jum'at hingga Ahad, 18-20 Januari 2013, di Wisma Puas, Kaliurang. Acara ini merupakan salah satu program dari Biro Al-Qur'an Bidang Kaderisasi DPW, sebagai kelanjutan dari program yang sama yang telah dilakukan beberapa waktu silam, yaitu MQ 1 yang dilaksanakan di Wisma PU, Yogyakarta.

Disampaikan oleh Ketua DPW PKS DIY, Dr. Sukamta dalam sambutannya, bahwa tujuan dari pelaksanaan program ini adalah untuk membentuk pionir-pionir kader dakwah yang dapat menggeliatkan semangat kader dakwah yang lain khususnya, dan masyarakat pada umumnya, berkaitan dengan upaya membina kedekatan diri dengan Al-Qur'an. Upaya mendekatkan diri itu dilakukan dengan membaca, menghafal, memahami, mengamalkan dan tentunya menyampaikan (mendakwahkan). Dengan begitu, kader dakwah yang tugasnya menyampaikan isi Al-Qur'an, benar-benar dekat dengan Al-Qur'an sehingga dakwah semakin kokoh. Dan dakwah akan tetap berkah bila ada banyak penghafal dan pengamal Al-Qur'an di dalamnya.


Dr. Sukamta menambahkan, "Dakwah ini selain dikokohkan oleh eksistensi politik, harus dikokohkan pula dengan para penghafal Al-Qur'an. Ketika masyarakat sudah tunduk melalui aktivitas politik, yang bisa mengisi hati mereka dengan pembinaan hanyalah para penghafal Al-Qur'an". Hal ini dikuatkan oleh salah seorang musyrif mukhoyyam Al-Qur'an tingkat nasional, yaitu Ustadz Riyadhusshalihin dalam taujih iftitah, bahwa "dakwah yang asli adalah dakwah yang dibangun oleh para penghafal Al-Qur'an sebagaimana dakwah ini (pada masa lalu -red) dibangun dan dipimpin oleh para penghapal Al-Qur'an".



Pelaksanaan MQ 2 ini didampingi oleh tiga orang musyrif mukhoyyam Al-Qur'an tingkat nasional dari DPP PKS. Selain Ustadz Riyadhusshalihin, yang mendampingi acara ini adalah Ustadz Ahmarul Hadi dan Ustadz Agus Qomaruddin. Dari DPW sendiri, hadir Dr. Sukamta selaku Ketua DPW PKS DIY untuk memberikan sambutan dan membuka acara, Ustadz Ahmad Khudhori, Lc. (Ketua Bidang Kaderisasi DPW) yang juga memberikan materi Huquuq Al-Qur'an, serta dari Biro Al-Qur'an yaitu Ustadz Martomo dan Ustadz Qomaruddin yang memimpin para panitia pelaksana, yang merupakan peserta MQ tingkat nasional.

Peserta MQ 2 ini kurang lebih enam puluh orang, yang merupakan perwakilan dari semua DPD di DIY dan sebagian juga alumni MQ 1, yang memenuhi syarat. Syarat peserta MQ 2 ini di antaranya adalah sudah hafal minimal 2 juz dari Al-Qur'an yang akan disetorkan kepada musyrif selama acara. Selain diharuskan setor 2 juz hafalan, peserta juga diberikan target untuk dapat menyelesaikan tilawah sebanyak minimal 30 juz selama acara, dan mengikuti qiyamullail yang panjangnya 3 juz tiap malam.

Prambanan tercatat mengirimkan peserta terbanyak dari semua kecamatan yang ada yang menjadi peserta acara ini. Sebanyak enam orang peserta dan dua orang panitia berasal dari Prambanan. Dari enam peserta, empat di antaranya merupakan ibu-ibu, semoga bukan gambaran bahwa ikhwan kalah semangat daripada akhwat dalam hal berinteraksi dengan Al-Qur'an.

Semoga acara ini dapat produktif dan berhasil mencetak pionir kader yang menjadi ahlul Qur'an. Yaitu kader yang menggeliatkan semangat kader lainnya untuk memperkuat aspek Qur'aniyah dalam dirinya, keluarganya dan masyarakatnya. Serta dapat memacu adanya banyak penghafal Al-Qur'an di masyarakat. Ada satu impian yang diungkapkan oleh Ketua DPW, Dr. Sukamta, "impian ke depan kita adalah nantinya di setiap DPRa minimal ada satu orang hafidz Al-Qur'an yang menjadi imam masjid dan membina masyarakat". Semoga impian tersebut dapat terwujud. Aamiin. [cah]

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons | Re-Design by PKS Piyungan